Obat Sakit Perut Diare dari Bahan Alami yang Terbukti Ampuh

Obat Sakit Perut Diare dari Bahan Alami yang Terbukti Ampuh

Obat Sakit Perut Diare dari Bahan Alami yang Terbukti Ampuh

Mengalami diare atau mencret tentu sangat tidak nyaman. Selain perut terasa mulas tidak karuan, diare berlebihan pun dapat menyebabkan seseorang lemas karena kekurangan cairan dalam tubuh. 

Umumnya, sakit perut diare dapat disembuhkan dengan 1 – 3 hari dengan mencukupi asupan cairan dan istirahat. Namun tak ada salahnya jika menggunakan bahan-bahan herbal yang dapat membantu proses penyembuhan. Selain menyembuhkan, obat herbal dari bahan alami juga tak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Inilah Obat Sakit Perut Diare yang Aman Dikonsumsi

Perlu diketahui, penyebab paling umum diare adalah terjadinya peradangan yang dialami oleh lambung dan usus akibat infeksi virus dan bakteri. Pada kondisi normal, penderita hanya akan mengalami diare saja. Namun pada taraf tertentu, penderita diare akan mengalami gangguan kesehatan lain seperti muntah, mual, dan pusing. 

Lantas apa saja obat sakit perut diare yang aman dikonsumsi? Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Daun Jambu Biji

Bahan tradisional pertama yang paling sering digunakan untuk mengatasi diare adalah daun jambu biji. Ini karena daun jambu biji memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain dapat meredakan sakit perut dan diare, daun jambu biji juga membantu mencegah efek berbahaya dari oksidasi atau pelepasan molekul radikal bebas. Daun jambu biji dapat dijadikan obat sakit perut melilit dan mencret alami yang ampuh.

Untuk meredakan diare, daun jambu biji dapat dikonsumsi langsung atau dengan direbus lalu meminum airnya. 

2. Larutan Oralit

Cara yang berikutnya adalah memanfaatkan larutan oralit. Oralit merupakan larutan garam dan gula yang juga digunakan turun temurun untuk mengatasi masalah diare. Larutan berguna untuk membantu penderita sakit perut diare saat mengalami dehidrasi. Nah larutan ini merupakan obat sakit perut mencret untuk dewasa yang biasa digunakan.

Hal ini karena prinsip dari penanganan diare sendiri adalah tentang bagaimana cara mengganti elektrolit serta cairan yang keluar dari tubuh sehingga penderita tidak mengalami dehidrasi. 

3. Yoghurt

Yoghurt dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut diare berkepanjangan. Hal ini karena yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang bagus untuk sistem pencernaan. Sebagai saran, sebaiknya pilihlah yoghurt yang memiliki kandungan gula rendah. Kandungan gula yang terlalu tinggi akan memperburuk kondisi diare. 

4. Bubuk Kayu Manis

Obat sakit perut diare yang berikutnya adalah bubuk kayu manis. Seperti yang kita tahu, kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk masakan. Selain itu, kayu manis juga memiliki kandungan senyawa aktif yang mampu meredakan peradangan yang terjadi pada sistem pencernaan.  

Untuk cara membuatnya, Anda dapat menyiapkan sekitar bubuk 1,5 gram bubuk kulit kayu manis. Setelah itu, seduh bubuk tersebut dengan air panas. Saring rebusan tersebut dan minum rebusan bubuk kayu manis secara rutin setidaknya 3 kali sehari hingga sakit perut akibat diare membaik. 

5. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang berguna menggantikan elektrolit dalam tubuh yang hilang saat diare. Selain itu, serat dan pektin dalam pisang juga mampu membantu proses penyerapan cairan dalam usus. Dengan demikian, maka bentuk tinja akan menjadi lebih padat. Pisang diyakini dapat dijadikan salah satu obat alami sakit perut melilit disertai mencret dan obat sakit perut dan mencret yang cepat mengalami perubahan.

6. Kentang

Obat sakit perut diare yang selanjutnya adalah kentang. Seperti halnya pisang, kentang juga memiliki kandungan kalium tinggi yang berguna untuk meredakan diare. Dalam mengolah kentang, Anda dapat merebusnya dan mencampurkan sedikit garam oralit agar rasanya tidak begitu hambar. 

7. Jahe Hangat

Jahe merupakan jenis rempah yang memiliki sifat anti radang, anti bakteri, dan anti nyeri sehingga cocok dikonsumsi saat diare. Kandungan antioksidan tinggi pada jahe juga dapat membantu proses penyembuhan diare dan sistem pencernaan. Mengkonsumsi jahe setiap hari selama diare berlangsung akan meredakan rasa nyeri dan sakit di perut. 

BACA JUGA : Cara Menyembuhkan Amandel secara Alami

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit perut diare yang dapat Anda peroleh di rumah. Sekali lagi, apabila kondisi diare tidak segera membaik, maka sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut cara mengatasi penyakit diare. Semoga bermanfaat. 


0 Komentar