Jenis Investasi untuk Pemula yang Menguntungkan di Hari Tua

Jenis Investasi untuk Pemula yang Menguntungkan di Hari Tua

Jenis Investasi untuk Pemula yang Menguntungkan di Hari Tua

Investasi merupakan hal yang sedang trend di tengah masyarakat belakangan ini. Bahkan tak sedikit anak muda yang mulai mencoba berinvestasi guna mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang. 

Investasi memang menjadi salah satu bagian penting dari financial management dimana seseorang dapat memperbaiki taraf hidup dan kondisi keuangan secara perlahan. Bagi mereka yang melek finansial, investasi digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti tabungan hari tua, dana darurat, hingga aset finansial.

Oleh karena itulah, penting kiranya untuk menemukan instrumen investasi seperti apa yang menjanjikan dan menguntungkan sesuai dengan tujuan awal berinvestasi. Bagi Anda yang memiliki niat untuk berinvestasi, simak penjelasan berikut hingga akhir. 

BACA JUGA : Penyebab Penyakit Ginjal Paling Berbahaya

Jenis Investasi untuk Pemula yang Menjanjikan

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai jenis investasi untuk pemula, perlu diketahui bahwa setiap instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan kata lain, Anda harus cukup cermat dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan gaya investasi dan kondisi keuangan. 

Adapun beberapa jenis investasi untuk pemula adalah sebagai berikut:

1. Emas

Emas merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang paling mudah dilakukan dan cukup menguntungkan. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang masiv seperti sekarang. 

Setidaknya terdapat 2 metode investasi emas yang dapat dipilih. Pertama, yakni metode investasi emas konvensional. Maksudnya adalah Anda membeli emas dalam bentuk fisik, baik emas batangan atau emas perhiasan, lalu disimpan hingga harganya naik.

Kedua adalah investasi emas modern. Anda dapat membeli emas di berbagai macam broker dalam bentuk digital dan menjualnya ketika harganya naik. 

Keuntungan yang diperoleh dari investasi emas cukup lumayan karena harga emas yang cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Selain itu, investor tak perlu takut rugi sebab emas masih menjadi instrumen investasi yang masih sangat diminati hingga sekarang karena resiko kerugian yang cukup kecil. 

2. Reksadana

Selain emas, reksadana juga menjadi salah satu pilihan jenis investasi untuk pemula yang mudah dilakukan. Hal ini karena investasi Anda akan dikelola dan diolah oleh manajer investasi. 

Ini mengacu pada Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27, reksadana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat sebagai pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio oleh manajer investasi. 

Berbeda dengan investasi emas, apabila Anda berniat untuk berinvestasi menggunakan reksadana, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap perusahaan yang akan mengelola uang investasi Anda. Lihat track record manajer investasi dari tahun ke tahun. Apakah selalu menghasilkan atau malah bankrupt. 

3. Saham

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang belakangan ini digandrungi oleh generasi muda. Alasannya, investasi saham memiliki proses yang sangat mudah dilakukan dan menguntungkan untuk investasi jangka panjang. 

Meski demikian, perlu dicatat bahwa jenis investasi ini cocok bagi Anda yang mengetahui bagaimana kondisi market atau pasar bergerak. Investasi saham memiliki peluang keuntungan dan kerugian yang hampir saja. Dengan kata lain, Anda dapat mendapatkan keuntungan yang luar biasa dengan resiko kerugian yang sama. Jadi tetap berhati-hatilah dalam berinvestasi. 

4. Obligasi

Obligasi merupakan instrumen investasi yang dapat diperdagangkan di BEI (Bursa Efek Indonesia). Obligasi juga sering disebut dengan surat utang. Obligasi memiliki berbagai jenis yang perlu diketahui, seperti:

  • Obligasi Korporasi (BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta nasional)
  • Sukuk (efek syariah yang biasanya berupa Surat Berharga Syariah Negara)
  • Surat Berharga Negara 
  • Efek Beragun Aset (Surat utang yang menggunakan underlying aset sebagai dasar penerbitan)
  • Dengan berinvestasi di obligasi, investor dapat memperoleh keuntungan seperti:
  • Resiko kerugian relatif rendah
  • Keuntungan yang diperoleh dari capital gain di pasar sekunder
  • Pemberian kupon periodic yang nilai rata-ratanya di atas bunga deposito

5. Investasi Properti

Jenis investasi untuk pemula yang terakhir adalah investasi properti. Alasan kenapa investasi properti cukup menguntungkan adalah karena umumnya nilai properti cenderung naik dari waktu ke waktu. Terlebih ada faktor khusus yang menjadikan harga properti melonjak drastis.

Beberapa contoh investasi properti adalah rumah, tanah, apartment, townhouse, kantor, ruko, vila, dan sebagainya. 

BACA JUGA : Ciri - Ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Itulah beberapa jenis investasi untuk pemula yang cukup menguntungkan. Sebagai catatan, apapun instrumen investasi yang hendak Anda jalankan, sebaiknya periksa bagaimana cara kerjanya serta pertimbangan resiko kerugian dan keuntungan yang dapat diperoleh. Dengan begitu, Anda akan menjadi seorang investor yang bijaksana dan cerdas, tanpa harus mengikuti trend investasi seperti sekarang. 

0 Komentar