Ciri - Ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Ciri - Ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Ciri - Ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Ciri - ciri ginjal bermasalah umumnya memiliki tanda fisik yang dapat dirasakan, meskipun sebagian besar orang baru mengalami gejala hingga tahap sangat lanjut. Hal ini pula yang harus diwaspadai baik pada remaja ataupun orang dewasa karena masalah ginjal dapat dialami siapa saja. 

Baca Juga : Penyebab Penyakit Ginjal Paling Berbahaya

Seperti yang kita tahu, ginjal merupakan organ yang berperan penting dalam membersihkan darah dari segala racun dalam tubuh. Semua racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine ataupun keringat. Ketika ginjal bermasalah, maka fungsi pembersihan racun tidak akan bekerja dengan baik sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, penting kiranya mengetahui apa saja ciri-ciri ginjal bermasalah serta langkah mengobatinya.

Inilah Gejala dan Ciri - Ciri Ginjal Bermasalah

Berikut adalah beberapa gejala yang menunjukkan bahwa ginjal Anda sedang bermasalah:

1. Perubahan Warna Urine

Apabila ginjal sedang bermasalah, maka ciri - ciri yang paling mudah dikenali adalah perubahan warna urine yang lebih keruh dari biasanya. Kondisi tersebut umumnya disertai dengan perubahan kebiasaan buang air, yakni menjadi lebih seringa tau lebih jarang melakukannya.

2. Urine Berdarah dan Berbusa

Masih berhubungan dengan perubahan warna urine, masalah pada ginjal juga dapat dikenali dengan munculnya urine beserta darah. Hal ini karena saat ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka sel darah dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui urine. 

Selain urine berdarah, sesekali penderita penyakit ginjal akan mengalami munculnya busa pada urine. Busa-busa yang keluar bersama urine merupakan protein yang seharusnya tidak ikut dikeluarkan dari tubuh. 

3. Mudah Merasa Lelah

Sebagai informasi, orang normal yang memiliki ginjal sehat memproduksi EPO (erythropoietin) yang meningkatkan produksi sel darah merah dalam darah. Sel darah merah tersebut akan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika ginjal bermasalah, maka produksi EPO akan berkurang sehingga kadar oksigen dalam tubuh berkurang. Hal tersebut membuat tubuh mudah merasa lelah dan lemas, bahkan saat tidak melakukan kegiatan apa pun. 

4. Nyeri di Bagian Pinggang Belakang

Ciri-Ciri ginjal bermasalah yang berikutnya adalah munculnya rasa sakit di bagian pinggang belakang. Rasa nyeri tersebut diakibatkan oleh pembengkakan batu ginjal yang terjepit dalam ureter. Gejala ini umumnya muncul bersamaan dengan faktor lain seperti perubahan warna urine dan infeksi saluran kencing. 

5. Sering Merasa Mual hingga Muntah

Masalah yang dialami oleh ginjal akan membuat sisa limbah atau zat beracun berkumpul dalam darah sehingga memicu rasa mual bahkan muntah. Hal tersebut disebabkan oleh adanya gangguan pada pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan, sehingga kedua perasaan yang tidak menyenangkan tersebut pun terjadi.

6. Mengalami Gangguan Tidur

Ciri-ciri ginjal bermasalah yang berikutnya adalah susah tidur. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh adanya jumlah racun dalam darah yang tak dapat dinetralisir oleh ginjal melalui urine sehingga menyebabkan tubuh sulit beristirahat meskipun kelelahan. 

Penderita sakit ginjal kronis umumnya mengalami sleep apnea, yakni gangguan tidur hingga kesulitan bernapas selama beberapa saat dan terus berulang.

7. Kram Otot

Sering mengalami kram otot juga menjadi salah satu ciri terjadi masalah pada ginjal yang menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Hal tersebut membuat tubuh mengalami penurunan kadar fosfor dan kalsium hingga memicu kram otot. 

Kerusakan saraf serta masalah pada aliran darah yang membawa oksigen akibat kelainan pada ginjal juga menjadi salah satu alasan kenapa penderita penyakit ginjal mudah mengalami kram otot.

Itulah beberapa ciri-ciri ginjal bermasalah yang harus diwaspadai. Ketika Anda mengalami tanda di atas, sebaiknya segera periksakan kesehatan ke dokter. Selain itu, menjalani pola hidup sehat akan sangat membantu mencegah serta menjaga agar kondisi ginjal tidak semakin parah. 


0 Komentar